the Organizational Culture and Motivation: Pillars of Teacher Performance Improvement in Madrasah Tsanawiyah Environment

Budaya Organisasi dan Motivasi: Pilar Peningkatan Kinerja Guru di Lingkungan Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Dede Husni Mubarrok Dede UNIVERSITAS ISLAM DARUSSALAM CIAMIS

Keywords:

Kata Kunci. Budaya, Motivasi, Kinerja

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai efek dari budaya organisasi dan motivasi untuk kinerja guru di MTS Darussalaam ciamis. Penelitian ini terdiri dari 26 guru dari Mts Darussalam ciamis. Untuk mengumpulkan data, kuesioner dibuat oleh skala Likert 5 poin termasuk 90 elemen pendidikan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier. Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya dan motivasi organisasi secara signifikan mempengaruhi kinerja guru secara keseluruhan. Selain itu, budaya organisasi juga secara signifikan mempengaruhi kinerja guru dan motivasi mereka. Ini menunjukkan efek penting dalam meningkatkan kinerja guru berkat budaya kerja yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari efek budaya dan motivasi untuk organisasi pada kinerja guru di MTS Darusalam Ciamis. Budaya organisasi yang aktif dapat menciptakan suasana yang mendukung dan memotivasi yang dianggap sebagai faktor utama untuk meningkatkan pekerjaan etika kerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki dampak positif yang signifikan pada kinerja guru. Dengan motivasi yang kuat, guru lebih dianjurkan untuk mengambil tanggung jawab mereka secara profesional. Pengamatan ini harus menjadi dasar bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dengan memperkuat budaya organisasi dan memberikan motivasi yang tepat.

Kata Kunci. Budaya, Motivasi, Kinerja

 

Published

2025-09-28

How to Cite

Dede, D. H. M. (2025). the Organizational Culture and Motivation: Pillars of Teacher Performance Improvement in Madrasah Tsanawiyah Environment: Budaya Organisasi dan Motivasi: Pilar Peningkatan Kinerja Guru di Lingkungan Madrasah Tsanawiyah. JPEM: Journal of Perspectives on Educational Management, 1(2). Retrieved from https://ejurnaliai.attaqwabws.ac.id/index.php/jpem/article/view/71