STRATEGI KOMITE DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Keterlibatan masyarakat terhadap pendidikan terwadahi dalam organisasi komite madrasah yang di bentuk oleh setiap satuan pendidikan. Salah satu tujuan adanya organisasi komite ini adalah agar aspirasi dan prakarsa masyarakat dapet tersalurkan dengan baik, begitupun dengan tanggung jawab, peran masaysrakat, akuntabel dan kedemokratisan dalam penyelenggaraan pendidikan dapat benar-benar terwujud. Penelitian akan membahas bagaimana strategi komite dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIMA KH SHIDDIQ jember, bagaimana program komite dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan apa kendala yang dihadapi oleh komite dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Ada tiga tahapan metode yang digunakan peneliti yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dengan mencatat data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, mengorganisasikan data, memilih dan memilahnya untuk menjawab rumusan maslah kemudian mencari dan menemukan makna yang terkait dengan rumussan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) program komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan meliputi: rapat rutin komite di setiap semester, ikut andil dalam mensahkan RKAS/RAPBS, menyampaikan usulan dan merekomendasi kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan sekolah. 2) strategi komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan diantaranya: rapat rutin komite sekolah dengan seluruh elemen sekolah di setiap akhir semester, ikut andil dalam perumusan visi dan misi sekolah, ikut dalam penyususnan RKAS/RAPBS serta mengembangkannya ke arah yang lebih baik. 3) adapun kendala yang dihadapi oleh komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah kurangnya komunikasi antara sekolah dengan komite sekolah karena terbatasnya waktu yang dimiliki oleh komite sekolah, sehingga program komite sekolah menjadi kurang efektif.